SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 SURABAYA JL.RAYA TRENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA TELP: 031-8416932 EMAIL: info@smpn17surabaya.com

Berita Detail

"The 2nd Winner Life Science"

"Selamat dan Sukses"

Kreativitas & Semangat pelajar SMP NEGERI 17 SURABAYA dalam riset Perbedaan Pengaruh Medan Listrik AC dan DC Terhadap Dorminasi dan Germinasi Benih Kacang Hijau. Kali ini, Siswa SMP Negeri 17 Surabaya mendapat Medali dan Piala Sebagai juara 2 dalam bidang Life Science pada ajang "Surabaya Young Scientist Competition 2017 (Peneliti Belia 2017)" di Gedung Convention Hall Arif Rahman Hakim Surabaya.

Aditya Pujo Pangestu kelas 9E dan Zufar Rosyid Arkan Kelas 9A berhasil Mengetahui daya cepat pertumbuhan tanaman yang di aliri oleh listrik.

Hasil Penelitian yaitu pengukuran waktu pecahnya dormansi yaitu ditandai dengan munculnya kariobsis akar pada biji kacang hijau dengan beberapa perlakuan medan listrik AC (5000 V/m ) dan DC ( 3400 V/m ) terlihat bahwa nilai rata-rata dormansi berbeda beda setiap perlakuan medan listrik AC 5000 V/m memiliki waktu pecah dormansi lebih singkat dibandingkan dengan medan listrik DC 3400 V/m yakni ( Delta t = 34,81 ) jam.

Alat dan Bahan yang digunakan yaitu :
1. Kacang Hijau
2. Jaring tanaman
3. Aluminium
4. Kapas
5. protein
6. Power Supply
7. Kabel buaya

Metode Penelitian
Pada peneliti ini sebelum benih tanaman kacang hijua ditempatkan pada suatu media dilakukan uji homogenitas melalui 2 cara :
1. Melalui pemilihan benih dengan berat antara 1 - 1,5 gram
2. Untuk menguji homogenitas pada benih dilakukan pada saat sterilisasi benih dengan melihat biji yang tenggelam